Ramadhan Berbagi

Gelar Ngabuburit Asik, Pelajar NU Dau Tumbuhkan Kepedulian Sosial

Pimpinan Anak Cabang / PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Dau gelar buka bersama dan takjil gratis bertajuk Ngabuburit Asik di Desa Gadingkulon, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Minggu (12/5/2019). (FOTO: Dena Setya Utama/NUKita)

NUKITA.ID, MALANG – Pimpinan Anak Cabang / PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Dau gelar buka bersama dan takjil gratis bertajuk Ngabuburit Asik dengan mengajak seluruh kadernya tumbuhkan kepedulian sosial di Desa Gadingkulon, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Minggu (12/5/2019).

Bertepatan dengan hari ke-7 bulan Ramadhan 1440 H tersebut, serangkaian kegiatan dilaksanakan mulai pukul 12.30 WIB sukses terselenggara dengan tema, "Kebersamaan Menuju Kebaikan di Bulan yang Suci."

Panitia Ngabuburit Asik, M Rihal Irsyada membeberkan arti kata "Ngabuburit Asik" yang mana Ngabuburit yang diartikan sebagai kegiatan menunggu berbuka puasa. "Sedangkan Asik sendiri adalah kepanjangan dari A adalah Aksi bersih-bersih lingkungan, S adalah Sholawat bersama, I adalah istighosah, dan K adalah Kajian kitab."

Acara yang diisi dengan bersholawat bersama grup Al-Banjari se-Dau dan Kajian Kitab karangan Hadratus Syaikh KH Hasyim Asy'ari dengan judul Adabul Alim wa Muta'alim ini menurud Irsyad di ikuti oleh seluruh ranting yang sudah berdiri di Kecamatan Dau.

Menurutnya selain mengajak kadernya se-Dau, Irsyad juga mengatakan bahwa ia juga turut mengundang seluruh tokoh masyarakat. "Kami juga mengundang Banom NU se-Dau dan PC IPNU IPPNU Kabupaten Malang."

Sementara itu, Ketua PAC IPNU Kecamatan Dau, M Ifan Alifuddin jika kegiatan ini dilaksanakan pada setiap Minggu selama bulan Ramadhan dengan diawali pada saat ini yang bertempat di wilayah Ranting Gadingkulon.

"Selain berbagi takjil, kami juga melakukan bersih-bersih masjid, mushola, jalan sekitar serta selokan-selokan yang dilanjutkan dengan pembacaan sholawat, istighosah, serta kajian kitab," jelasnya.

Ifan berharap dengan adanya kegiatan Ngabuburit Asik ini, kader NU di Dau lebih peduli dengan sesama dan lingkungan. "Untuk menumbuhkan kepedulian sosial para kader dan anggota khususnya di Dau. Dengan harapan kegiatan semacam ini bisa berlanjut bahkan bisa terbawa dalam kebiasaan sehari-hari dan sangat mengembirakan jika kegiatan ini di adopsi oleh Kecamatan lain."

Agenda Ngabuburit Asik berikutnya akan bertempat di wilayah Desa Landungsari, Minggu (19/5/2019) mendatang di Desa Karangwidoro, Minggu (26/5/2019).

"Insyaallah, kegiatan terakhir dan penutupan akan dilaksanakan di Desa Selorejo, Minggu (2/5/2019). Untuk waktunya akan kami kabarkan lagi. Tak lupa saya ingin mengajak, mari kita bersama-sama melakukan kebaikan kecil di bulan Ramadhan ini, mulailah dari diri sendiri," pungkasnya. (*)

Berita Lainnya

berita terbaru
Gerakan KOIN NU PEDULI

Layanan Kesehatan Gratis NU Ranting Desa Talok

10/06/2019 - 08:36

berita terbaru
Zakat untuk umat

Kajian Zakat Mal UPZISNU Turen

31/05/2019 - 07:54

Comments